@thesis{thesis, author={ and R. and Theodora Helena }, title ={Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Problem Based Learning Pada Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak SMK}, year={2021}, url={http://digilib.unimed.ac.id/42304/}, abstract={Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk berupa multimedia pembelajaran interaktif berbasis problem based learning yang layak dan efektif untuk peserta didik kompetensi keahlian rekayasa perangkat lunak SMK. Produk dikembangkan dengan pendekatan Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model Borg and Gall. Penelitian dilakukan dalam skala terbatas, pada penelitian ini dilakukan tujuh dari sepuluh tahapan pengembangan Borg and Gall, yang diakhiri dengan uji keefektifan produk. Pengembangan dibagi dalam lima tahapan: tahapan penelitian pendahuluan, tahap perancangan, tahap pengembangan produk, tahap reviu dan uji coba produk, serta uji keefektifan. Data dikumpulkan melalui instrumen validasi para ahli dan instrumen akseptansi media oleh peserta didik serta instrumen hasil belajar peserta didik. 1) Hasil penilaian/validasi kelayakan produk oleh para ahli media, desain pembelajaran, dan materi/konten menunjukkan rata rata persentase kelayakan adalah 87.47 sementara hasil penilaian/akseptansi multimedia oleh responden (peserta didik) pada uji coba perorangan dan kelompok rata-rata persentase kelayakannya sebesar 86,75%. Kesimpulannya multimedia pembelajaran yang dikembangkan berada pada kriteria ?sangat layak?. 2) Hasil uji keefektifan multimedia pembelajaran menunjukkan penggunaan multimedia pembelajaran interaktif berbasis Problem Based Learning memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan media tersebut. Hal ini disimpulkan dari hasil pengolahan data penelitian diperoleh thitung = 3,701 dengan ttabel = 1,679 pada taraf signifikan ?=0,05. Karena thitung > ttabel artinya artinya multimedia pembelajaran interaktif yang dikembangkan mampu meningkatkan hasil belajar Kelompok Kompetensi Rekayasa Perangkat Lunak SMK khususnya dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar} }