@thesis{thesis, author={ and Ajat and Lis Siti }, title ={PENGEMBANGAN BUKU AJAR KIMIA SMA/MA KELAS X SEMESTER II BERDASARKAN KURIKULUM 2013 BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/4378/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh buku ajar yang berbasis pendidikan karakter untuk SMA/MA kelas X semester II yang dapat menumbuhkembangkan kreaktivitas dan hasil belajar siswa . Populasi penelitian ini adalah (1) Semua guru kimia yang ada di Kota Medan yang dikategorikan guru ahli. (2) Seluruh siswa kelas X semester II Tahun ajaran 2013/2014 dari 4 SMA/MA di Kota Medan. Seluruh sampel dipilih dengan cara purposive sampling. Sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah (1) guru kimia dengan kriteria memiliki pendidikan formal minimal S1 dan pengalaman mengajar di sekolah, (2) Dua kelas X dari masing-masing sekolah tempat penelitian dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas ekperimen diberi perlakukan pengajaran menggunakan buku ajar kimia yang berbasis pendidikan karakter (kurikulum 2013) sedangkan kelas kontrol menggunakan buku ajar kimia kurikulum KTSP. Berdasarkan uji persyaratan analisis data bahwa data semua penelitian termasuk data terdistribusi normal dan homegen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas buku ajar kimia yang dihasilkan dalam penelitian ini memenuhi standar kualitas yang dipersyaratkan oleh BSNP. (2) Besar efektivitas dari buku ajar kimia yang dikembangkan sangat tinggi sehingga dapat menumbuhkembangnya karakter siswa hal ini dapa dibuktikan dari nilai karakter tanggung jawab sebesar 81,23, kreaktfiftas sebesar 79,93, komunikatif sebesar 82,8 sedangkan psikomotoriknya 82,20. (3) Besar efektifitas bukua ajar yang dihasilkan penelitian ini (sebesar 82,20) sangat tinggi berkembang dari pada psikomotorik siswa pada kurikulum KTSP (sebesar 79,79). (4) Kualitas buku ajar kimia yang dikembangkan (sebesar 87,4) lebih tinggi dibandingkan kualitas buku ajar kimia KTSP (sebesar 69,2). (5) Buku ajar kimia yang dikembangkan dalam penelitian dalam menumbuhkembangkan karakter siswa lebih baik dibandingkan dengan kemampuan buku ajar kimia berdasarkan kurikulum KTSP. (6) Berdasarkan data hasil belajar siswa yang diperoleh nilai sign < 0.05 (0.000<0.05) menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan buku ajar kurikulum 2013 dibandingkan hasil belajar yang diajarkan menggunakan buku ajar kurikulum KTSP.} }