@thesis{thesis, author={Matondang Bobby Indra Martua}, title ={Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Mekanika Teknik Pada Siswa Kelas X DPIB SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan}, year={2020}, url={http://digilib.unimed.ac.id/44403/}, abstract={Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan Hasil Belajar Mekanika Teknik. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan, semester 2 tahun ajaran 2019/2020 kelas X DPIB yang terdiri dari 33 siswa. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui hasil pengamatan. Indikator keberhasilan adalah hasil belajar siswa 100% mampu mencapai nilai ≥ 75. Pada uji coba tes hasil belajar siklus I, dari 30 soal diperoleh 22 soal yang valid dari data yang valid uji tingkat kesukaran didapat 13 soal yang mudah, 8 soal yang sedang dan 1 soal yang sulit, uji daya beda soal 2 soal kategori jelek 14 soal kategori sedang 6 soal kategori baik. Sedangkan pada siklus II, dari 30 soal diperoleh 21 soal yang valid, dan uji tingkat kesukaran didapat didapat 10 soal yang mudah 10 soal yang sedang dan 1 soal sulit. Uji daya soal 2 soal kategori jelek 12 soal kategori cukup 7 soal kategori baik. Hasil penelitian menunjukkan perolehan hasil belajar siswa pada siklus I dengan nilai rata-rata 75,667 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata 83,18 melalui uji T sebesar 10,75324 terjadi peningkatan signifikan sebesar 9,9247%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulan yang dapat diambil adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X DPIB mata pelajaran Mekanika Teknik di SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan} }