@thesis{thesis, author={Salmah and Silvia Nurul }, title ={Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pengambilan Keputusan (Decision Making) terhadap Kemampuan Menulis Teks Persuasi pada Siswa Kelas VIII MTS Al-Ulum Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020}, year={2020}, url={http://digilib.unimed.ac.id/45189/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pengambilan keputusan (decision making) pada siswa kelas VIII MTS Al-Ulum Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.Populasi penelitian ini 160 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 32 siswa kelas VIII MTS MTS Al-Ulum Medan Tahun Pembelajarn 2019/2020.Dalam penelitian ini, subjek terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen.Pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen (pre-test) dan sesudah eksperimen (post-test).Dengan desain ini, pengaruh dari eksperimen dapat diketahui pasti karena telah menggunakan tes awal.Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menulis teks persuasi sebelum menggunakan model pembelajaran pengambilan keputusan (decision making) pada siswa kelas VIII MTS Al-Ulum Tahun Pembelajaran 2019/2020 kurang dengan nilai rata-rata 60.Kemampuan menulis teks persuasi sesudah menggunakan model pembelajaran pengambilan keputusan (decision making) pada siswa kelas VIII MTS Al-Ulum Tahun Pembelajaran 2019/2020 sangat baik dengan nilai rata-rata 85.Model pembelajaran siswa dalam menulis teks persuasi. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji t diperoleh nilai 13,89> 2,04. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembeljaran pengambilan keputusan (decision making) dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi.} }