@thesis{thesis, author={Herawaty and Novida Br. }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MENGENAI PENGGOLONGAN HEWAN KELAS IV SD SWASTA BAKTI PANCUR BATU TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/7195/}, abstract={Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah masih rendahnya motivasi belajar siswa kelas IV SD Swasta Bakti Pancur Batu Tahun Ajaran 2012/2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IV SD Swasta Bakti Pancur Batu Tahun Ajaran 2012/2013 khususnya pada materi penggolongan hewan melalui penggunaan model pembelajaran konstruktivisme.Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, jumlah subjek adalah sebanyak 34 siswa yang berasal dari siswa kelas IV pada tahun 2012/2013. Untuk memperoleh data dalam penulisan ini penulis melakukan pengumpulan data dengan cara melakukan observasi.Dari hasil penelitian berupa kegiatan pembelajaran siklus I dan Siklus II dalam pelajaran IPA materi penggolongan hewan, ternyata telah diperoleh peningkatan motivasi belajar siswa secara signifikan. Pada siklus I pertemuan 1, dari 34 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 2 orang siswa (5,88%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori baik, 21 orang siswa (61,76%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori cukup, sedangkan 11 orang siswa (32,35%) masih belum memiliki motivasi belajar dengan kategori kurang. Nilai rata-rata hasil observasi yang diperoleh adalah 1,83 (cukup). Untuk pertemuan 2 diperoleh dari 34 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata telah ada 9 orang siswa (26,47%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori baik, 22 orang siswa (64,71%) yang memiliki motivasi belajar dengan kategori cukup, sedangkan 3 orang siswa (8,82%) masih belum memiliki motivasi belajar dengan kategori kurang. Pada siklus II pertemuan 1, dari 34 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata telah ada 20 orang siswa (58,82%) yang memiliki nilai hasil observasi dengan kategori cukup dan 14 orang siswa (41,18%) yang memiliki nilai hasil observasi dengan kategori baik. Pada pertemuan 2, dari 34 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata telah ada 8 orang siswa (23,53%) yang memiliki nilai hasil observasi dengan kategori cukup dan 26 orang siswa (76,47%) yang memiliki nilai hasil observasi dengan kategori baik.Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan metode Konstruktivisme mengenai penggolongan hewan berpengaruh terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru bidang studi IPA lebih meningkatkan kualitas melalui penerapan pembelajaran metode Konstruktivisme.} }