@thesis{thesis, author={Afri and Muhammad }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI GAYA STRADDLE DENGAN MENGGUNAKN METODE VAK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 TANAH PUTIH KAB. ROKAN HILIR PROV. RIAU T.A 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/8829/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle dengan metode VAK pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Putih Kab. Rokan Hilir Prov. Riau Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukankan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 20 oarang siswa-siswi, yang terdiri dari 9 laki-laki 11 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi tekhnik dasar lompat tinggi gaya straddle sebanyak 1 kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 5 orang siswa (25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasannya, sedangkan 15 orang siswa (75%) belum mencapai ketuntasannya. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 50%. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 10 orang siswa (50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 arang siswa (50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 62,81%. (3) dari tes hasil belajar II siklus II diperoleh 15 orang siswa (75%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 orang siswa (25%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa 71%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 yaitu sebesar 12,81%, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus II yaitu sebesar 8,19%. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui metode VAK dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle, namun belum memenuhi kreteria ketuntasan secara klasikal yaitu 80% (Aqib Zainal : 2006)Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan 71%. Berdasaskan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Metode VAK dapat meningkatkan proses belajar lompat tinggi gaya stradlle dengan menggunakan Metode VAK ( Visual, Auditory, Kinestetik ) pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tanah Putih Kec. Tanah Putih Kab. Rokan Hilir Prov. RIAU} }