@thesis{thesis, author={Budi and Khairul }, title ={UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI GAYA MENGAJAR KOMANDO PADA SISWA KELAS X SMA N 1 BATANG ANGKOLA TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/8894/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan hasil belajar lompat jauh melalui gaya mengajar komando pada siswa kelas X SMA N 1 Batang Angkola Tahun Ajaran 2012/2013.Lokasi penelitian di SMA N I Batang Angkola, Kabupaten Tapsel. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X8 SMA N I Batang Angkola Tahun Ajaran 2012/2013, yang berjumlah 34 orang siswa yang akan melakukan lompat jauh melalui gaya mengajar komando.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran lompat jauh, dilanjutkan dengan siklus I dan pos test siklus I, siklus II dan diakhri dengan pemberian pos tes siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan test hasil belajar lompat jauh dengan menggunakan lembar fortopolio.Dengan menggunakan gaya mengajar komando dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh siswa mulai dari tes awal, siklus I dan siklus II. pada tes awal yang dilakukan dari 34 orang siswa terdapat 9 orang siswa (26,48%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 56,85. Pada postest siklus I mencapai 26 orang siswa (76,47%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 72,05. Dan pada postest siklus II mencapai 30 orang siswa (88,23%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 76,96. Telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa baik secara individu maupun secara klasikal.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui gaya mengajar komando dapat meningkatan hasil belajar lompat jauh pada siswa kelas X8 SMA N 1 Batang Angkola Tahun Ajaran 2012/2013.} }