@thesis{thesis, author={ and Ika }, title ={UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN METODE TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 TANJUNG BERINGIN KABUPATEN SERDANG BEDAGAI TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/8906/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok dengan metode tutor sebaya siswa kelas VIII ? 1 SMP Negeri 3 Tanjung Beringin pada tahun ajaran 2012-2013. Dari hasil data awal (pre test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan lompat jauh gaya jongkok masih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII ? 1 SMP Negeri 3 Tanjung Beringin Tahun Ajaran 2012-2013 yang berjumlah 39 orang, diantaranya terdiri dari 11 orang siswa putra dan 28 orang siswa putri. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar lompat jauh gaya jongkok yaitu (53,85%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (46,15%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan teknik lompat jauh gaya jongkok pada siklus I secara keseluruhan mencapai (67,67). Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar lompat jauh gaya jongkok yaitu (82,05%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (17,95%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan teknik teknik lompat jauh gaya jongkok pada siklus II mencapai (78,79%).Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode totur sebaya dapat memberikan konstribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VIII-I SMP Negeri 3 Tanjung Beringin TahunAjaran 2012/2013.} }