@thesis{thesis, author={ and Agung }, title ={PERBEDAAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKS (CETAKAN) TERHADAP HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 20 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/ 2013}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/8910/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran dengan menggunakan media audiovisual dan media berbasis teks (cetakan) terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2012/ 2013.Lokasi penelitian ini adalah SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2012/ 2013. Populasi adalah siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan yang berjumlah 316 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII- 1 sebanyak 40 orang siswa, yakni 20 orang siswa ditetapkan sebagai kelompok media pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual (X1) dan 20 orang siswa ditetapkan sebagai kelompok media pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis teks (cetakan) (X2). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan instrument penelitian tes hasil belajar chest pass bola basket yang diujikan sebanyak dua kali yaitu pre- test dan post- test.Hasil penelitian yang diperoleh bahwa: (a) media pembelajaran audiovisual memberikan pengaruh terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2012/ 2013, (b) media pembelajaran berbasis teks (cetakan) memberikan pengaruh terhadap hasil belajar chest pass pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2012/ 2013, dan (c) media pembelajaran audiovisual lebih baik dibanding dengan media pembelajaran berbasis teks (cetakan) terhadap hasil pelajaran chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2012/ 2013.vDari hasil pengujian hipotesis thitung gabungan sebesar 0,812, selanjutnya harga tersebut dibandingkan dengan harga ttabel dengan dk = 20 + 20 ? 2 = 38 diperoleh bahwa ttabel = 1,70, dengan demikian thitung < ttabel (0,812 < 1,70) maka Ho diterima dan Ha ditolak yang menyatakan tidak terdapat pengaruh media pembelajaran audiovisual dengan media pembelajaran berbasis teks (cetakan) terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2012/ 2013. Sebenarnya terdapat perbedaan pengaruh media pembelajaran audiovisual dengan media berbasis teks (cetakan) terhadap hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket pada siswa kelas VII SMP Negeri 20 Medan Tahun Ajaran 2012/ 2013, namun pengaruhnya sedikit sehingga tidak diterima oleh data statistik Ini disebabkan karena singkatnya waktu permateri dan waktu perjam pada pembelajaran pendidikan jasmani disekolah, sehingga waktu yang sangat singkat itu kurang efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal.} }