@thesis{thesis, author={ and Curata }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKTIFITAS RITMIK DENGAN PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMK BM SINAR HUSNI MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/8968/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar aktifitas senam ritmik melalui Penggunaan Media Audio Visual pada siswa kelas XI AK-3 SMK BM Sinar Husni Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa kelas XI AK-3 yang berjumlah sebanyak 25 siswa yang akan diberikan tindakan melalui Penggunaan Media Audio Visual terhadap proses belajar aktifitas senam ritmik. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Hasil penelitian menyimpulkan : (1) Dari hasil pre-test sebanyak 8 siswa (32%) yang memiliki ketuntasan belajar aktifitas senam ritmik dan 17 siswa (68%) yang belum memiliki ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 64,99 (2) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 15 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (60%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar aktifitas senam ritmik sedangkan 10 orang siswa (40%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar aktifitas senam ritmik. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 74 (3) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 22 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (88%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 2 orang siswa (12%) masih belum tuntas. Penelitian ini memenuhi kreteria ketuntasan yang di tetapkan secara klasikal yaitu adalah 85% (Suryosubroto 1997 :129).Dengan nilai rata-rata hasil belajar setalah dikonfersikan 80,66%.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan Penggunaan Media Audio Visual dapat meningkatkan proses hasil belajar aktifitas senam ritmik pada siswa-siswi kelas XI AK-3 Sinar Husni Medan Tahun Ajaran 2012/2013.} }