@thesis{thesis, author={Agung and Roy Chandra }, title ={OPTIMALISASI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN UNTUK MENINGAKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/8977/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Optimalisasi Penerapan Variasi Pembelajaran Menggiring Bola Pada Permainan Sepak Bola Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proposive sampling yaitu pada siswa kelas X 3 SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 30 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar menggiring bola sebannyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis : (1) Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan Penerapan Variasi Pembelajaran diperoleh 21 siswa (70%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (30%) sudah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 63. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan Penerapan Variasi Pembelajaran. (2) dari tes hasil belajar menggunakan Penerapan Variasi Pembelajaran di siklus I diperoleh 21 siswa (70%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 9 siswa (30%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 71,3. Kemudian dilakukan kembali Penerapan Variasi Pembelajaran dengan berbagai variasi (3) dari tes hasil belajar II di siklus II terdapat 26 siswa (86%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 4 siswa (14%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 76,2. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 4,9 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 16%. Berdasarkan analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Penerapan Variasi Pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar Menggiring Bola pada Permainan Sepak Bola Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe Tahun Ajaran 2012/2013.} }