@thesis{thesis, author={Hady and Muhammad }, title ={UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TENDANGAN DEPAN PELAJARAN BELA DIRI PENCAK SILAT MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI MAN 2 TANJUNG PURA KABUPATEN LANGKAT TAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9103/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar tendangan depan pelajaran bela diri pencak silat melalui gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas XI MAN 2 Tanjung Pura Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2013/2014. Lokasi penelitian ini yaitu MAN 2 Tanjung Pura. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN 2 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2013/2014 terdiri dari 8 kelas (3 kelas Agama, 2 kelas IPS, 3 kelas IPA), sebanyak 194 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 2 sebanyak 23 orang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I, peneliti memberikan Pre-test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran tendangan depan pelajaran pencak silat. Dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus I dan Post-test siklus I, pada pelaksanaan siklus I nilai rata-rata siswa telah meningkat dari hasil pre-test namun pada pembelajaran siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal. Maka kegiatan pembelajaran dilanjutkan pada siklus II dan diakhiri dengan pemberian Post-test siklus II dengan instrumen penelitian lembaran pengamatan tes hasil belajar tendangan depan dengan menggunakan lembaran portofolio. Kegiatan pada siklus II mengalami peningkatan yang lebih baik dari siklus I.Pada tes awal yang dilakukan pada 23 siswa kelas XI IPS 2 yang menjadi subjek dalam penelitian ini ternyata hanya terdapat 6 orang siswa (26.09%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan siswa yang lainnya sebanyak 17 orang siswa (73.91%) belum memiliki ketuntasan dalam pembelajaran. Pada tes siklus I yang dilakukan dari 23 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata sudah mulai meningkat yaitu terdapat11 orang siswa(47.83%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan siswa yang lainnya sebanyak 12 orang siswa (52.17%) belum memiliki ketuntasan dalam pembelajaran. Pada kegiatan ini nilai rata-rata siswa belum mencapai ketuntasan secara klasikal.Pada tes siklus II yang dilakukan pada 23 orang siswa dalam penelitian ini, terdapat peningkatan siswa yang tuntas sudah mencapai 20 orang siswa (86.96%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan siswa yang lainnya sebanyak 3 orang siswa (13.04%) belum memiliki ketuntasan dalam pembelajaran. Pada kegiatan ini siswa sudah banyak yang terlihat faham dengan pelaksanaan kompetensi yang diajarkan. Pada siklus II ini nilai rata-rata siswa telah mencapai ketuntasan secara klasikal.Dengan menerapkan gaya mengajar resiprokal pada materi tendangan depan pelajaran pencak silat yang dijadikan alternatif terjadi peningkatan pembelajaran tendangan depan materi pencak silat pelajaran pendidikan jasmani bagi siswa kelas XI IPS 2 MAN 2 Tanjung Pura yang dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa pada tes awal adalah 62,67 (Tidak Tuntas), pada siklus I nilai rata-rata siswa pada tes awal meningkat menjadi 69,20 (Tidak tuntas), dan pada pelaksanaan Siklus II nilai rata-rata siswa telah mencapai 81,46 (Tuntas).} }