@thesis{thesis, author={Doris Apriani and Erwin }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHES PASS MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOMANDO DALAM PERMAINAN BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMA RK SERDANG MURNI LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9117/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan hasil belajar ches pass bola basket melalui metode pembelajaran komando pada siswa kelas XI SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012-2013. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA 1 yang berjumlah 42 siswa terdiri dari 16 siswa putra dan 26 siswi putri yang akan diberikan tindakan menggunakan metode pembelajaran komando terhadap materi pembelajaran teknik dasar ches pass bola basket. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Hasil penelitian menggunakan metode pembelajaran komando menyimpulkan : ( 1 ) Metode pembelajaran komando adalah pendekatan mengajar yang paling bergantung kepada guru. Guru menyiapkan semua aspek pengajaran, sedangkan siswa sepenuhnya menjadi pengikut apa yang diputuskan guru (2) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 22 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (52,58%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 20 orang siswa (42,62%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 71,96 (3) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 35 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (83,33%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 7 orang siswa (16,67%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setalah dikonfersikan 80,95%.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penerapan metode pembelajarn komando dapat meningkatkan hasil belajar teknik dasar ches pass bola basket pada siswa-siswi kelas XI-IPA 1 SMA RK Serdang Murni Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2012-2013} }