@thesis{thesis, author={Bisker Saut P and Hady }, title ={UPAYA MENINGKATKAN BACKHAND DRIVE TENIS MEJA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 NAMORAMBE TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9127/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar backnad drive tenis meja melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Namorambe Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 2 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 siswa-siswi, yang terdiri dari 10 laki-laki dan 22 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik dasar backhand drive tenis meja sebanyak 1 kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 5 orang siswa (15,6%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 27 orang siswa (84,3%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 57,28%. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 16 orang siswa (50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 16 orang siswa (50%) belum mencapai tingakt ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 68.39%. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 28 orang siswa (87,5%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 4 orang siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 82,97%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari data awal ke siklus 1 sebesar 11,11 %, sedangkan peningkatan nilai rata-rata siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 14,58%. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui pendekatan bermain dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Namorambe Tahun Ajaran 2012/2013} }