@thesis{thesis, author={Eko Ari and M }, title ={UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SERVIS PENDEK PADA PERMAINAN BULUTANGKIS MELALUI PENGGUNAAN MEDIA SASARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP TUNAS KARYA KECAMATAN BATANG KUIS KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9131/}, abstract={Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana media sasaran dapat meningkatkan hasil belajar servis pendek pada siswa kelas VIII SMP Tunas Karya Kecamatan Batang Kuis terhadap pelajaran Pendidikan Jasmani di Sekolah tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar servis pendek bulutangkis terhadap pelajaran pendidikan jasmani di sekolah tahun 2013.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Tunas Karya Kecamatan Batang Kuis Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013, sebanyak 71 siswa. Adapun teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan Purposive sampling, dalam pengambilan dengan memperhatikan syarat tertentu maka sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-U dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa. Variabel dalam penelitian ini yaitu Peningkatan Hasil Belajar Servis Pendek Pada Permainan Bulutangkis Melalui Penggunaan Media Sasaran Pada Siswa Kelas VIII SMP Tunas Karya Kecamatan Batang Kuis dalam mengikuti pelajaran pendidikan jasmani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar servis pendek pada bulutangkis.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil penelitian bahwa hasil belajar servis pendek pada permainan bulutangkis melalui penggunaan media sasaran pada siswa kelas VIII SMP Tunas Karya Kecamatan Batang Kuis: 1) Pada siklus I, dari 24 siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 15 orang siswa 62.50 yang ssudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya 9 orang siswa (37,50%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 69,80. 2) Pada siklus II, ternyata 20 orang siswa (83,33%) sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 4 orang siswa (16,67%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 77,43.Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa servis pendek pada permainan bulutangkis melalui penggunaan media sasaran pada siswa kelas VIII SMP Tunas Karya Kecamatan Batang Kuis terhadap pelajaran pendidikan jasmani dapat meningkatkan hasil belajar seris pendek pada permainan bulutangkis, maka disarankan agar guru pendidikan jasmani lebih kreatif dan inovatif dalam memberikan pelajaran dan pihak sekolah} }