@thesis{thesis, author={HATTA MULKAN and M }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHESS PASSBOLA BASKET MELALUI VARIASI PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI SMA YAYASANPERGURUAN KELUARGA TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9136/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar chesspass bola basket melalui variasi pembelajaran siswa kelas XI SMA YayasanPerguruan keluarga Pematangsiantar Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Yayasan Perguruan KeluargaPematangsiantar 2012/2013,sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IA1 yang berjumlah 40 orang. Untk menganalisis data dalam penelitian ini danuntuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secra individu dan secarakalsikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakankelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasilbelajar yang berbentuk fortopolio, dan dilanjutkan dengan variasi chess pass bolabasket maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentukteknik dasar lempar lembing.Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas XI SMAYayasan Perguruan keluarga Pematangsiantar, dari 40 siswa terdapat 12 siswa(30%) yang telah mencapai ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata belajar siswa65,25. Hasil dari siklus I terdapat 25 siswa ( 64,52%) dari 40 siswa yang telahmencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata belajar siswa 70,62.Adapun kelemahan yang terjadi pada siklus I antara lain :1. Guru belum maksimal menjelaskan dan mencontohkan proses gerakanchess pass.2. Waktu dalam siklus I sangat singkat,.3. Guru belum mampu memotivasi siswa secara optimal pada saat prosespembelajaran berlangsung} }