@thesis{thesis, author={Eva and Muhammad Rizki }, title ={UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR DRIBLING BOLA BASKET MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VIII-3 SMP NEGERI 5 LIMAPULUH KABUPATEN BATUBARATAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9138/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dribling bola basket melalui penerapan metode pembelajaran audio visual pada siswa kelas VIII-3 SMP Negeri 5 Limapuluh Kabupaten Batubara Tahun Ajaran 2013/2014. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIISMP Kelas VIII SMP Negeri 5 Limapuluh Kabupaten Batubara Tahun Ajaran 2013/2014yang berjumlah 40 siswa.Pengambilan sampel dengan tehnik Cluster Sampling, diambil dari keseluruhan siswa kelas VIII, dan didapatlah kelasVIII-3 SMP Negeri 5 Limapuluh menjadi sampel pada penelitian ini. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini penelitian tindakan kelas (classroom action reserch) dengan memberikan perlakukan menggunakan penerapan metode pembelajaran audio visual dengan menlaksanakan 2 siklus selama 2 minggu.Instrumen penelitian untuk mengumpulkan data dilakukan dalam bentuk portopolio melalui proses. Untuk melihat ketuntasan siswa belajar dengan menggunakan portopolio penilaiandribling bola basket dengan kriteri ketuntasan minimal (KKM) 72 serta nilai prsentase ketuntasan kalisikal 85%.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya Dari tes awal diperoleh 7 siswa (17,5%) tuntas, dan 33 orang siswa (82,5%) belum tuntas belajar dengan rata-rata nilai56,94. Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh 27 siswa (67,5%) tuntas, dan 13 siswa (32,5%) belum tuntas, dengan rata-rata nilai 69,78. Dari tes siklus II diperoleh 36 siswa (90%) telah tuntas dan 4 siswa tidak tuntas (10%), dengan rata-rata nilai 88,46.Dapat disimpulkan adanya peningkatan nilai rata-rata dimana pada siklus I nilai rata-rata mencapai 69,78 meningkat menjadi 88,46 pada siklus II dan persentase secara kasikal dari siklus I dan siklus II sebesar sekitar (9,9 %) dengan ketuntasan secara kasikal (85,36%) tuntas. Berdasarkan analisis data bahwa dengan Variasi Pembelajaran Leksical Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Renang Gaya Dada Pada Siswa Kelas VIII SMP YPK Methodist Perdagangan Tahun Ajaran 2012/2013.} }