@thesis{thesis, author={Chairul and Dimas }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA MELENTING DENGAN MENGGUNAKAN METODE VAK (VISUAL, AUDITORY, KINESTETIK) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SECANGGANG KAB. LANGKAT TAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9166/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan proses hasil belajar lompat jauh gaya melenting dengan metode VAK (Visual Auditori Kinestetik ) Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Secanggang Kab. Langkat Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII-1 yang menjadi subjek dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang akan diberikan tindakan melalui penerapan metode VAK (Visual Auditori Kinestetik ) terhadap proses belajar lompat jauh gaya melenting. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui metode VAK seluruh siswa memiliki tugas yang sama hanya tinngkat kesulitannya berbeda sesuai dengan kemampuan dan daya serap siswa dalam melakukan pembelajaran pada meteri lompat jauh gaya melenting, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya pada pokok bahasan lompat jauh. Dari hasil analisis data juga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dari tes awal dan tes hasil belajar I masih rendah. Maka perlu dilakukannya perbaikan tindakan untuk siklus II. Kesulitan yang dialami dalam melakukan siklus I adalah siswa belum menguasai tekhnik dalam melakukan lompat jauh gaya melenting khususnya tekhnik tolakan dan sikap badan diudara. Disiklus II guru lebih meningkatkan dan memotivasi untuk lebih aktif dalam pengulangan tekhnik dasar lompat jauh gaya melenting khususnya tolakan dan sikap badan diudara} }