@thesis{thesis, author={M and Saibatul }, title ={PENGARUH PERMAINAN ROUNDERS YANG DIMODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN GERAK DASAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL MANAR DESA KLAMBIR KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9172/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh permainan rounders yang dimodifikasi terhadap kemampuan gerak dasar siswa kelas V SD Islam Terpadu Al Manar Desa Klambir Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013. Permainan rounders merupakan permainan yang terdapat unsur gerak dasar didalamnya. Adapun unsur gerak dasar tersebut: 1. Kesimbangan, 2. Ketepatan, 3. Kelincahan. Dalam peneltian ini adapun yang dimodifikasi dalam permainan rounders tersebut: 1. Panjang setiap sisi lapangan rounders di sesuaikan dengan lapangan sekolah dimana setiap sisi lapanga rounders tersebut panjangnya 7 meter, 2. Bola yang digunakan menggunakan bola tenis lapangan dan pemukul yang digunakan adalah pemukul yang biasa digunakan untuk bermain kasti di sekolah tersebut, 3. Base yang digunakan terbuat dari kardus, 4. Jumlah pemain disesuaikan dengan jumlah siswa yang menjadi sampel yaitu 22 orang dibagi dalam 4 kelompok, 4. Aturan permainan.Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan jumlah sampel sebanyak 22 (dua puluh dua) siswa kelas V (lima) SD, yang diperoleh melalui teknik total sampling. Kemudian penelitian dilakukan dengan menggunakan alat tes seperti yang dikemukakan oleh Dor. R. Kirkendal, yaitu tes lempar sasaran, tes lompat jauh tanpa awalan, tes keseimbangan, dan tes kelincahan sekaligus sebagai sumber data awal dan data akhir penelitian.Dari hasil pre test diperoleh hasil kemampuan awal siswa sebesar 43,81, dan setelah diberikan perlakuan (permainan rounders yang dimodifikasi), maka kemampuan akhir siswa sebesar 54,66. Dari data tersebut diperoleh nilai Variabel X1 dengan rata-rata sebesar 3855 dan nilai Variabel X2 dengan rata-rata sebesar 4810 serta beda dengan rata-rata sebesar 43,41. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan rumus uji statistika, yaitu uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Dari hasil uji normalitas sebelum diberikan perlakuan L-hitung (-0,0454) < L-tabel (0,188) dan sesudah diberi perlakuan L-hitung (-0,0599) < L-tabel (0,188). Uji homogenitas menunjukkan Fhitung ( 1,0725) < Ftabel (2,09). Penelitian ini berlangsung selama 16 kali pertemuan.Dari hasil analisis data diatas, menunjukkan bahwa ada peningkatan gerak dasar siswa setelah diberikan perlakuan permaianan rounders yang dimodifikasi maka penelitian menyatakan bahwa permainan rounders yang dimodifikasi berpengaru secara signifikan terhadap kemampuan gerak dasar siswa kelas V SD Islam Terpadu Al Manar Desa Klambir Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013.} }