@thesis{thesis, author={Agung and Ruhdi }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 TANJUNG PURA KAB. LANGKAT TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9185/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Servis Bawa Bola Voli Melalui Penerapan Gaya menngajar Resiproksal Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Pura Kab. Langkat Tahun Ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tanjung Pura Tahun Ajaran 2012/2013, penelitian dilaksanakan mulai tanggal 27 Maret 2013 sampai dengan 3 April 2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMK Negeri 1 Tanjung Pura, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Tanjung Pura yang terdiri dari 40 siswa. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar servis bawah bola voli. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Adapun teknik analisis atau pengambilan sampel data dalam penelitian ini adalah berupa lembar fortopolio tes hasil belajar I dan II. Tes hasil belajar diberikan setelah pengajaran dengan menggunakan gaya mengajar resiprokal dilakukan. Dalam tes ini siswa diminta untuk melakukan rangkaian gerakan servis bawah bola voli, peneliti menilai setiap proses pelaksanaan rangkaian teknik servis bawah bola voli yang dilakukan.Hasil Penilaian Menyimpulkan : (1) Dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 23 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan sebesar (60%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 17 orang siswa (40%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 60,20. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 75%. (2) Dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 35 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan sebesar (87,50%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (12,50%) belum memenuhi kriteria ketuntasan. Dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 77,49. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan gaya mengajar resiprokal dapat memberikan peningkatan terhadap proses hasil belajar servis bawah bola voli pada siswa kelas XI TKJ 2 SMK Negeri 1 Tanjung Pura kab. Langkat Tahun Ajaran 2012/2013.} }