@thesis{thesis, author={ and Eva }, title ={PENERAPAN GAYA MENGAJAR PERIKSA DIRI (SELF CHECK) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT (HOP STEEP AND JUMP) SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI KABANJAHE T.A 2013/2014}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9209/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar lompat jangkit yang didapat siswa kelas X MAN Kabanjahe 2013/2014 melalui penerapan gaya mengajar periksa diri (Self Check).Subjek Penelitian ini dilaksanakan di MAN Kabanjahe T.A 2013/2014, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas Xd yang berjumlah 26 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dengan metode gaya mengajar periksa diri, maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk melakukan teknik dasar lompat jangkit.Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas kelas X MAN Kabanjahe. Dari 26 siswa terdapat 8 siswa (30,76%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 68,5%. Hasil dari siklus I terdapat 15 siswa (58%) dari 26 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 70,43%. Di siklus II terdapat 23 siswa (88,46%) dari 26 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 78,85 dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui Penerapan gaya mengajar periksa diri dapat meningkatkan hasil belajar siswa.} }