@thesis{thesis, author={Benny and Suryadi }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR CHEST PASS DALAM PERMAINAN BOLA BASKET SISWA KELAS X SMA NEGERI 5 TANJUNG BALAI TAHUN AJARAN 2014/2015}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9276/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan pendekatan scientific. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-1 SMA Negeri 5 Tanjung Balai yang berjumlah 32 siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar chest pass Bola Basket sebanyak dua kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya : (1) Pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa dari 32 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 19 orang siswa (59,38%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 13 orang siswa (40,62%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 73,34. (2) Pada siklus II dapat dilihat bahwa ternyata dari 32 orang siswa, terdapat 27 orang siswa yang tuntas (84,38%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 5 orang siswa (15,62%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata ? rata yang diperoleh mencapai 80,09. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar Chest pass dalam permainan Bola Basket siswa kelas X SMA Negeri 5 Tanjung Balai tahun ajaran 2014/2015.} }