@thesis{thesis, author={ and Endro Switly }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SMASH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PROBLEM SOLVING PADA KELAS XI SMK SWASTA I IMMANUEL KABANJAHE TAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2013}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9320/}, abstract={Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yaitu siklus I dan siklus II.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya peningkatan hasil belajar smash dalam permainan bola voli dengan menggunakan gaya mengajar problem solving pada kelas XI SMK swasta I Immanuel Kabanjahe Tahun Ajaran 2013/2014. Lokasi penelitian ini yaitu SMK Swasta I Immanuel Kabanjahe. Subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 28 orang. Objek dalam penelitian ini adalah menggunakan gaya mengajar problem solvingDari hasil penelitian menggunakan gaya mengajar problem solving pada smash dalam permainan bola voli yang dijadikan alternative terjadi peningkatan pembelajaran smash dalam permainan bola voli pelajaran pendidikan jasmani pada siswa kelas XI SMK Swasta I Immanuel Kabanjahe yang berjumlah 28 orang, pada tes awal dari jumlah siswa yang tuntas 6 siswa (21.42%) dan yang tidak tuntas 22 siswa (78.57%) dengan nilai rata-rata siswa adalah 65,40 (Tidak tuntas), kemudian pada siklus I jumlah siswa yang tuntas 11 siswa (39.28%) dan yang tidak tuntas 17 siswa (60.71%) dengan nilai rata-rata siswa pada tes I meningkat menjadi 66,51 (Tidak tuntas), dan pada pelaksanaan siklus II jumlah siswa yang tuntas 24 siswa (85.71%) dan yang tidak tuntas 4 siswa (14.29%) dengan rata-rata siswa telah mencapai 80,13 (Tuntas).Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan gaya mengajar problem solving dapat meningkatan hasil belajar smash dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI SMK Swasta I Immanuel Kabanjahe Kabupaten Karo.} }