@thesis{thesis, author={Khairul and M }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TOLAK PELURU GAYA OBRIEN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN YANG DIMODIFIKASI, MEDIA BOLA TENNIS BEREKOR PADA SISWA KELAS VIII MTSN LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9357/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses pembelajaran tolak peluru melalui media pembelajaran yang dimodifikasi bagi siswa kelas VIII MTsN Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014. Subjek disini adalah siswa kelas VIII-I yang berjumlah 31 orang.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran tolak peluru dengan menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi yang dilakukan pada Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk tes tolak peluru dengan menggunakan peluru yang sebenarnya.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan modifikasi pembelajaran (pre-test) di peroleh 11 siswa (35,48%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 20 siswa (64,51%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rat-rata 62,5%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi melalui beberapa variasi pembelajaran siklus I. Dari tes hasil belajar siklus I tolak peluru dengan media pembelajaran yang dimodifikasi pada siklus I diperoleh 18 siswa (58,06%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 13 siswa (41,93%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rat-rata 72,58. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran tolak peluru menggunakan media pembelajaran yang dimodifikasi serta beberapa variasi pembelajaran yang lebih variatif. Dari tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus II diperoleh 26 siswa dengan (83,87%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (16,12%) belum mencapai tingkat ketuntasan dalam belajar, dengan nilai rata-rata 81,45. Dalam hal ini dapat di lihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 8,87. Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui penggunaan media pembelajaran yang dimodifikasi dapat meningkatkan hasil belajar tolak peluru gaya O’Brien pada siswa kelas VIII MTsN Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2013/2014.} }