@thesis{thesis, author={Dedy and Ibrahim }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN DENGAN METODE BAGIAN PROGRESIF SISWA KELAS VII MTS MUHAMMADIYAH 04 SIBOLGA TAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9376/}, abstract={Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Dribbling dalam permainan Sepak Bola dengan menggunakan pendekatan pembelajaran dengan metode bagian Progresif tahun ajaran 2013/2014. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIa MTs Muhammdiyah 04 Sibolga yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 17 siswa pria dan 18 siswa wanita, yang diberikan tindakan berupa pengajaran berupa penerapan pendekatan pembelajaran dengan metode bagian progresif.Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muhammadiyah 04 Sibolga yang beralamat di Jalan DE. Sutan Bungaran Panggabean No. 24A Kota SIBOLGA. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan fortofolio.Dari analisis data hasil belajar siswa mengalami peningkatan, yaitu data pre-test sebagai hasil belajar awal siswa dengan 8 siswa yang tuntas atau rata-rata (22,85). Data post-test siklus I dengan 17 (48,57%) siswa yang tuntas belajar atau dengan nilai rata-rata 69,96. Sedangkan data post-test siklus II hasil belajar siswa yang tuntas 31 (88,57%) siswa yang tuntas atau dengan nilai rata-rata 80,59. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari post-test siklus I ke post-test siklus II sebesar 40%.Dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan pembelajaran dengan metode bagian Progresif dapat meningkatkan hasil belajar Dribbling dalam permainan sepak bola siswa kelas VII MTs Muhammadiyah 04 Sibolga Tahun Ajaran 2013/2014} }