@thesis{thesis, author={Haris and M. }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA SISWA DI KELAS X SMA DHARMA PANCASILA MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9389/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk melihat hasil belajar dribbling siswa dalam pelajaran olahraga dengan model pembelajaran Quantum Teaching di SMA Dharma Pancasila Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini diambil di kelas X-2 SMA Dharma Pancasila dengan jumlah siswa 30 orang yang terdiri dari 17 siswa dan 13 siswi. Awal KBM dilakukan tes hasil belajar (Pretes), dengan data rata-rata 63 dengan persentase kelulusan sebesar 30 %, hal tersebut menunjukkan bahwa kemampuan dribbling bola oleh siswa masih rendah. Kemudian dilanjutkan KBM menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching, akhir KBM ke I dan KBM ke II dilakukan tes hasil belajar dribbling Siklus I didapat nilai rata-rata kelas sebesar 71,3 persentase kelulusan 70 % siswa kelas yang nilainya diatas KKM dan mengalami peningkatan pada Siklus II dengan nilai rata-rata kelas sebesar 76,2 dengan persentase kelulusan sebesar 86 % siswa kelas yang nilainya diatas KKM. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai hasil belajar dribbling siswa mengalami peningkatan dari sebelum diberi perlakuan model pembelajaran Quantum Teaching ke siklus I dan juga mengalami peningkatan pada siklus II .Penerapan model pembelajaran Quantum Teaching selama KBM siswa sangat senang, dan sangat antusias. Namun demikian masih terdapat keterbatasan dalam penelitian yang dilaksanakan di Kelas X SMA Dharma Pancasila ini, yaitu materi yang di bahas dalam penelitian ini adalah dribbling, hal ini ini tidak menjamin pada materi yang lainnya akan mengalami peningkatan hasil belajar yang sama dan harus dilakukan penelitian lebih lanjut.} }