@thesis{thesis, author={Arif Rahman and Usman }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN BLOCK PADA PERMAINAN TENIS MEJA MELALUI GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 3 TANJUNGBALAI T.A 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9422/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pukulan Block yang didapat siswa kelas XI SMA Negeri 3 Tanjung balai 2013/2014 melalui gaya mengajar Resiprokal.Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Tanjung balai T.A 2013/2014, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA2 yang berjumlah 35 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dengan metode gaya mengajar Resiprokal, maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk melakukan teknik dasar Pukulan Block.Berdasarkan hasil dari siklus I terdapat 10 siswa (28,57%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar (Post Test) dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 59,26% sedangkan 25 siswa (71,43%) dari 35 siswa belum mampu mencapai tingkat ketuntasan belajar (Post Test). Setelah dilakukan siklus II terdapat 31 siswa (88,57%) dari 35 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar (Post Test) dengan nilai rata-rata 84,87% sedangkan 4 siswa 11,43% masih belum mampu mencapai tingkat ketuntasan belajar (Post Test), dapat dilihatbahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa melalui gaya mengajar resiprokal dapat meningkatkan hasil belajar siswa.} }