@thesis{thesis, author={Adi and Hady }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 030290 PUNGUAN NAULI KABUPATEN DAIRI TAHUN AJARAN 2014/2015}, year={2015}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9477/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lompat jauh Gaya Jongkok melalui penerapan variasi pembelajaran pada siswa kelas V SD Negeri 030290 Punguan Nauli Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2014/2015. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 030290 Punguan Nauli Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2014/2015,waktu penelitian pada bulan Desember 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 030290 Punguan Nauli Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2014/2015yang berjumlah 32 orang dan terdiri dari 14 orang siswa putra dan 18 orang siswa putri. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah variasi pembelajaran seperti: permainan lari satu arah, lompat kardus, berlari sambil menyundul bola, dan melompati gelang-gelang. Jenis dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar portofolio penilaian hasil belajar lompat Jauh Gaya Jongkok.Hasil penelitian dari 32 orang siswa yang menjadi subjek dalam tes awal penelitian ini, ternyata hanya 8 orang siswa (25%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 24 orang siswa (75%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 55,62 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I, dari 32 orang siswa telah ada 20 orang siswa (62,5%) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 12 orang siswa (37,5%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 64,84 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus II, dari 32 orang siswa telah ada 28 orang siswa (87,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (12,5%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 77,34 (Tuntas).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan variasi dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas V SD Negeri 030290 Punguan Nauli Kabupaten Dairi Tahun Ajaran 2014/2015} }