@thesis{thesis, author={ and Rico Antri }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT TINGGI DENGAN MENGGUNAKAN BENTUK BERMAIN LOMPAT TALI PADA SISWA KELAS VI SD N. 105316 BERANTI KECAMATAN SINEMBAH TANJUNG MUDA HILIR TAHUN AJARAN 2013/2014.}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9529/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle dengan menggunakan bentuk bermain lompat tali yang didapat pada siswa kelas VI SD N.105316 Beranti Kec. STM Hilir Tahun Ajaran 2013/2014.Subjek penelitian ini dlaksanakan di SD N.105316 Beranti Kec. STM Hilir Tahun Ajaran 2013/2014, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI yang berjumlah 19 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang berbentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran dengan menggunakan bentuk bermain lompat tali. Setelah menerapkan pembelajaran menggunakan permainan lompat tali maka diadakan tes hasil belajar pada Siklus I dan Siklus II, dengan melakukan lompat tinggi gaya straddle.Berdasarkan dari hasil tes awal yang dilakukan siswa kelas VI SD N.105316 Beranti. Dari 19 orang siswa terdapat 4 orang siswa (21,05%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar 46,46. Hasil dari siklus I terdapat 10 orang siswa (52,63%) dari 19 orang siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 60,48. Dari siklus II terdapat 15 orang siswa (78,94%) dari 19 orang siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata 70,57. Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya Siklus I dan Siklus II terjadi peningkatan, dapat dikatakan melalui penggunaan permainan lompat tali dapat meningkatkan hasil belajar lompat tinggi gaya straddle pada siswa.} }