@thesis{thesis, author={Doddy Morris and Suryadi }, title ={PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TURNAMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLLY PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LIMA PULUH TAHUN AJARAN 2014/2015.}, year={2015}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9541/}, abstract={Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diajarkan melalui penerapan model pembelajaran coperative learning tipe team games turnamen dalam upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lima Puluh Tahun Ajaran 2014/2015, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2014. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 32 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran coperative learning tipe team games turnamen terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( classroom action reseach). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar passing bawah bola voli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar passing bawah bola voli.Dari 32 orang siswa dalam penelitian ini, ternyata hanya 10 orang siswa ( 31,25 %) yang sudah memiliki ketuntasan belajar passing bawah bola voli, sedangkan selebihnya yaitu 22 orang siswa ( 68.75 %) belum memiliki ketuntasan belajar passing bawah bola voli. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 67,18 ( Tidak Tuntas ). Hasil tes siklus I, dari 32 orang siswa telah ada 18 orang ( 56,25 % ) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 14 orang siswa ( 43,75 %) belum memilki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 73,96 ( Tidak Tuntas ). Hasil tes siklus II, dari 32 orang siswa, ternyata sudah 28 orang siswa ( 87,50 %) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang ( 12,50 %) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang di peroleh telah mencapai 76,81 ( Tuntas ). Berdasarkan hasil data analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran coperative learning tipe team games turnamen memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh Tahun Ajaran 2014/2015.} }