@thesis{thesis, author={Fahreza and Ika }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH DENGAN PENDEKATAN SCIENTIFIC PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 27 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015}, year={2015}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9613/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lompat jauh dengan pendekatan scientific pada siswa kelas VII SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan scientific yang dilakukan Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk aplikasi teknik lompat jauh gaya jongkok yang dilakukan sebanyak dua kali pertemuan. Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2014/2015,sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 yang berjumlah 36 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan pada siswa kelas VII-1 SMP Negeri 27 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Dari 36 siswa terdapat 16 orang siswa ( 15,6%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata hasil belajar siswa 65,97. Hasil dari siklus I Terdapat 22 siswa ( 61,11%) dari 36 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata – rata 69,27. Disiklus II terdapat 31 siswa ( 86,11% ) dari 36 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata –rata 75,86. Berdasarkan dari hasil tersebut bahwa dapat disimpulkan melalui pendekatan scientific dapat meningkatkan hasil belajar lompat jauh pada siswa SMP Negeri 27 Medan.} }