@thesis{thesis, author={ and Rinaldi }, title ={UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS BAWAH DALAM PERMAINAN BOLA VOLI MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP N.7 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2014/2015}, year={2015}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9631/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis bawah dalam permainan bola voli melalui media audio visual pada siswa kelas VII SMP N.7 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan metode PTK (penelitian tindakan kelas) dilakukan dengan 2 siklus tindakan selama 3 minggu dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 32 siswa-siswi, yang terdiri dari 19 laki-laki dan 13 perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar 1 yang berbentuk aplikasi teknik servis bawah sebanyak 1 kali pertemuan.Setelah data terkumpul dan dilakukan analisis maka diperoleh hasil analisisnya: (1) Dari tes awal diperoleh 11 orang siswa (34,37%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 21 orang siswa (65,62%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 64,04%. (2) Dari tes hasil belajar 1 siklus 1 diperoleh 18 orang siswa (56,25%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa (43,75%) yang telah mencapai tingakat ketuntasan belajar, dengan rata-rata hasil belajar siswa adalah 72,13%. (3) Dari tes hasil belajar 2 siklus 2 diperoleh 28 orang siswa (87,50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar,sedangkan 4 orang siswa (12,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar,dengan rata-rata hasil belajar siswa 80,20%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan pada siklus I diperoleh data dengan rentang 12,50% dengan skor rata-rata 8,65 dan persentase nilai rata-rata 72,13% serta tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 56,25%, sedangkan pada siklus 2 diperoleh data dengan rentang 75,00% dengan skor rata-rata 9,62 dan persentase nilai rata-rata 80,20% serta tingkat ketuntasan belajar klasikal siswa sebesar 87,50%. Berdasarkan analisis data yang dapat dikatakan bahwa melalui media audio visual dapat menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP N.7 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2014/2015.} }