@thesis{thesis, author={Ika and Muhammad }, title ={PERBEDAAN PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVENT DIVISION) DAN TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS XI SMA KRAKATAU MEDAN TAHUN AJARAN 2013/2014}, year={2014}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9679/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan informasi seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TGT terhadap hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Krakatau Medan Tahun Ajaran 2013/2014.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Krakatau Medan dengan jumlah sebanyak 52 orang, sedangkan sampel adalah kelas XI IPS berjumlah 26 orang yang diperoleh berdasarkan teknik cluster sampling.Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah test dan pengukuran terhadap passing bawah bola voli. Untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel digunakan perhitungan statistik uji t.Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Krakatau Medan Tahun Ajaran 2013/2014, dimana thitung = 12,22 sedangkan ttabel pada dk n-1 (13-1) = 1,78, sehingga thitung > ttabel (12,22 > 1,78). 2) terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran tipe TGT terhadap hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa SMA Krakatau Medan Tahun Ajaran 2013/2014, dimana thitung = 14,95 sedangkan ttabel pada dk n-1 (13-1) = 1,78, sehingga thitung > ttabel (14,95 > 1,78). 3) model pembelajaran Kooperatif tipe STAD lebih besar pengaruhnya dari pada tipe TGT terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas XI SMA Krakatau Medan Tahun Ajaran 2013/2014, dimana thitung = 5,50 sedangkan ttabel pada dk n1+n2-2 (13+13-2) = 1.71, sehingga thitung > ttabel (5,50 > 1,71).} }