@thesis{thesis, author={Ani and Mei Y }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SISWA PADA POKOK BAHASAN HIDROKARBON DI KELAS X SMA}, year={2016}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9693/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional, terhadap hasil belajar kimia siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan, yakni 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dua tahap, tahap pertama sampel kelas diambil sebanyak 4 kelas selanjutnya sampel siswa ditentukan 15 orang per-kelas dengan tehnik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan rancangan faktorial 2x2. Ada dua faktor yang dicobakan yaitu faktor A : model pembelajaran yang terdiri dari 2 taraf, yaitu A1 = model pembelajaran make a match dan A2 = model pembelajaran jigsaw. Faktor B : kecerdasan emosional yang terdiri dari 2 taraf, yaitu : B1 = kecerdasan emosional tinggi dan B2 = kecerdasan emosional rendah. Data diolah dengan Anava pada taraf signifikansi ? = 0,05. Dari hasil uji hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa ada interaksi antara model pembelajaran dan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar kimia siswa. Siswa yang mempunyai kecerdasan emosional tinggi yang diajar dengan model pembelajaran yang berbeda menunjukkan rataan hasil belajar kimia yang berbeda secara signifikan. Diperoleh bahwa siswa dengan kecerdasan emosional yang tinggi dan diajar dengan model pembelajaran jigsaw memberikan rataan hasil belajar kimia yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang diajar dengan model pembelajaran make a match. Tetapi siswa yang mempunyai kecerdasan emosional rendah yang diajar dengan model pembelajaran jigsaw maupun make a match tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan dalam hasil belajar kimianya.} }