@thesis{thesis, author={Dina Ananda and Ramlan }, title ={PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK BERMEDIAKAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA PADA PEMBELAJARAN HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI SMA}, year={2016}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9699/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa yang dibelajarkan menggunakan pendekatan saintifik dengan bermediakan Macromedia Flash dan tanpa pendekatan saintifik dengan bermediakan Macromedia Flash pada materi Hidrolisis Garam. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan yang berjumlah 7 kelas. Sampel yang digunakan pada penelitian ini diambil secara purpossif sampling sebanyak dua kelas, yakni satu kelas sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan saintifik bermediakan Macromedia Flash dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang mendapat pembelajaran tanpa pendekatan saintifik bermediakan Macromedia Flash. Masing-masing kelas terdiri dari 40 siswa. Instrumen tes yang valid sebanyak 24 soal dengan reliabilitas 0,905. Berdasarkan hasil uji persyaratan data, diketahui bahwa data hasil pretest, posttest dan gain pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen. sedangkan untuk uji hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung > ttabel, yakni 3,992> 1,678 pada peningkatan hasil belajar siswa dan 5,183> 1,678 pada aktivitas siswa, berarti Ha diterima dan tolak Ho yaitu peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik dengan bermediakan Macromedia Flash lebih tinggi daripada tanpa pendekatan dengan bermediakan Macromedia Flash pada materi Hidrolisis Garam di kelas XI SMA Negeri 11 Medan yaitu 65,2 % > 54,2 % pada peningkatan hasil belajar siswa dan 68,87> 57,99 pada aktivitas siswa . Untuk korelasi, menunjukkan korelasi, menunjukkan korelasi positif antara aktivitas siswa dengan peningkatan hasil belajar siswa yaitu r hitung > r tabel 0,515 > 0,320.} }