@thesis{thesis, author={Febrianto and Lisnawaty }, title ={PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA KOMPUTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA SMA KELAS XI IPA PADA POKOK BAHASAN HIDROLISIS GARAM}, year={2016}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9700/}, abstract={Telah dilakukan penelitian tentang penerapan model Problem Based Learning dengan media komputer untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa SMA Kelas XI IPA pada pokok bahasan hidrolisis garam. Peneltian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk pretest-posstest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa XI IPA SMA Negeri 1 Simanindo T.A 2015/206 dengan jumlah 116 siswa. Sampel diambil dengan teknik modifikasi cluster random sampling yaitu 29 siswa kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan 27 siswa kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan tes (hasil belajar) dan non-tes (observasi karakter kreativitas siswa) yang telah distandarisasi. Kelas eksperimen dibelajarkan mengunakan model Problem Based Learning dengan media komputer sedangkan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Teknik analisis data menggunakan uji statistik-t pada taraf signifikan (? ? 0,05) dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kimia yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan media komputer lebih tinggi daripada hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan model Problem Based Learning dengan media komputer lebih tinggi daripada kreativitas siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung; Adanya korelasi antara kreativitas siswa dengan hasil belajar kimia siswa sebesar 0,449.} }