@thesis{thesis, author={Fanny and Ratna Sari }, title ={PERBEDAAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MEDIA PETA KONSEP PADA MATERI HASIL KALI KELARUTAN}, year={2016}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9711/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kimia siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament dengan Group Investigation berbantuan media peta konsep pada materi hasil kali kelarutan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Cerdas Murni. Sampel penelitian dipilih dengan teknik cluster random sampling yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas eksperimen I yang dibelajarkan dengan model Team Games Tournament dengan media peta konsep dan kelas eksperimen II yang dibelajarkan dengan model Group Investigation dengan media peta konsep. Sampel siswa pada penelitian ini berjumlah 22 siswa pada masing-masing kelas eksperimen I dan II. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar kognitif siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah di uji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan distruktor. Kemudian untuk afektif menggunakan lembar observasi yang dinilai oleh observer. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan uji t dua pihak. Hasil uji t dua pihak untuk hasil belajar diperoleh harga thit < -t1/2? (-1,4218 < - 1,00945). Maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan hasil belajar kimia siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team games Tournament) dan model pembelajaran kooperatif GI (Group Investigation) dengan media peta konsep pada materi hasil kali kelarutan. Dari aspek afektif siswa menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aspek afektif siswa, yaitu dengan rata-rata nilai afektif siswa pada kelas eksperimen I adalah 67,17 dan pada kelas ekperimen II adalah 70,03} }