@thesis{thesis, author={Rappel and Wita }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK FLUIDA DINAMIS DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 BATANG KUIS T.P. 2015/2016}, year={2016}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9729/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA Semester II yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak, yaitu kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional yang masing-masing berjumlah 30 orang. Data penelitian ada dua macam, yaitu dalam bentuk keterampilan proses sains siswa dan observasi aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa adalah soal-soal keterampilan proses sains yang berjumlah 10 soal dalam bentuk essay test. Hasil pengujian awal melalui pretes diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen yaitu 42,43 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol yaitu 40,76. Pengujian data pretes melalui uji normalitas menunjukkan kedua sampel berdistribusi normal. Pada uji homogenitas diperoleh Fhitung = 1,02 dan Ftabel = 1,893 sehingga Fhitung< Ftabel, maka kedua sampel berasal dari kelompok yang homogen. Kemudian diberikan perlakuan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan, diperoleh postest dengan nilai rata-rata postest kelas eksperimen = 80,33 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol = 72,50. Dari hasil pengolahan data postes melalui uji t satu pihak diperoleh thitung = 2,79 dan ttabel = 1,671, sehingga thitung > ttabel, maka Ha diterima, yakni ada pengaruh signifikan dari model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok Fluida Dinamis di kelas XI semester II SMA Negeri 1 Batang Kuis T.P. 2015/2016.} }