@thesis{thesis, author={Evi Febrianne and Karya }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWATERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SMA NEGERI 12 MEDAN T.P 2015/2016}, year={2016}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9730/}, abstract={ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inkuiri dan kemampuan Berpikir Kritis terhadap hasil belajar siswa kelas X Semester II pada materi Listrik Dinamis di SMA Negeri 12 Medan T.P 2015/2016. Penelitian ini merupakan jenis kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 12 Medan yang terdiri dari sembilan kelas. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yang ditentukan dengan cara Cluster Random Sampling. Kedua kelas perlakuan yang berbeda yaitu kelas eksperimen dengan model pembelajaran Inkuiri dan Kelas kontrol dengan pembelajaran Konvensional.Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian ini digunakan tes hasil belajar yakni pilihan berganda dengan jumlah 15 item dengan lima option jawaban dan tes kemampuan berpikir kritis yakni tes uraian dengan jumlah 8 item yang sebelumnnya telah divalidasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis varians dua jalur. Dari hasil penelitian pada materi pokok Listrk Dinamis di SMA Negeri 12 Medan T.P 2015/2016 diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 32,92 dan kelas kontrol adalah 34,65, setelah pembelajaran selesai diberikan postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 71,30 dan kelas kontrol 65,70. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data menggunakan uji hipotesis ANAVA 2 jalur diperoleh ada pengaruh hasil belajar akibat penerapan model pembelajaran Inkuiri dan ada pengaruh berpikir kritis diatas rata-rata dengan berpikir kritis dibawah rata-rata terhadap hasil belajar siswa dan juga terdapat interaksi antara model pembelajaran Inkuiri dengan berpikir kritis untuk meningkatkan hasil belajar siswa.} }