@thesis{thesis, author={Derlin and Makmur }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SUHU DAN KALOR DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN T.P 2015/2016}, year={2016}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9735/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk : Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Suhu dan Kalor di kelas X semester II SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas X-2 sebagai kelas Eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe GI dan kelas X-6 sebagai kelas Kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda yang telah dinyatakan valid oleh validator dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktivitas belajar siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 37,13 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 36,75. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas Eksperimen sebesar 70,75 sedangkan kelas Kontrol diperoleh nilai rata-rata postes siswa 54,88. Pada hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,852 > 1,667 pada taraf signifikansi ? = 0,05 dan dk = 78. Hal ini berarti Ha terima, yang menunjukkan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Suhu dan Kalor di SMA Negeri 1 Perbaungan T.P 2015/2016.} }