@thesis{thesis, author={ and Eidi }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) MENGGUNAKAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 BESITANG T.P. 2015/2016}, year={2016}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9736/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan Multimedia terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Besitang T.P 2015/2016. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester II SMA Negeri 1 Besitang yang terdiri dari lima kelas. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan Multimedia, dan kelas kontrol diterapkan pembelajaran konvensional yang masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan instrumen berupa tes pilihan berganda sebanyak 15 soal dan aktivitas siswa dengan menggunakan lembar observasi yang dilakukan oleh dua observer. Berdasarkan analisa data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 23,24 dan kelas kontrol adalah 24,95, sedangkan nilai rata-rata postes kelas eksperimen 53,52 dan kelas kontrol 44,57. Hasil pengamatan aktivitas siswa yang diamati selama tiga kali pertemuan sebesar 72,14 dalam katagori aktif. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t pada = 0,05 diperoleh thitung > ttabel atau 2,50 > 2,00 sehingga diperoleh kesimpulan ada pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) menggunakan Multimedia terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 1 Besitang T.P.2015/2016.} }