@thesis{thesis, author={Lidya and Syahmi }, title ={HUBUNGAN STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DENGAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 20 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9801/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang baik dan berarti antara Status Sosial Ekonomi Orangtua dengan Prestasi Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 20 Medan pada tahun pembelajaran 2011/2012. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 20 Medan pada tahun pembelajaran 2011/2012, sebanyak 2 kelas yang berjumlah 74 siswa, pengambilan sampel secara sampel total sebanyak 74 siswa (2 kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket status sosial ekonomi orangtua. Angket yang di gunakan diperoleh dari angket yang telah divalidkan oleh validator dan untuk data hasil belajar siswa diperoleh dari Daftar Kumpulan Nilai (DKN) siswa semester 1. Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata status sosial ekonomi orangtua sebesar 134,919 dengan standart deviasi 9,163 dan nilai rata-rata hasil belajar sebesar 80,27 dengan standart deviasi 5,916 tergolong kategori cukup kuat (tinggi) . Dari uji korelasi produk moment diperoleh rhitung > rtabel (0,676 > 0,312) dengan persamaan Ý = 21,354 + 0,437X yang linier dan berarti pada α = 0,05. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t. Hasil perhitungan diperoleh thitung > ttabel (2,909 > 2,484). Maka hipotesis Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti hasil belajar sisa di kelas XI IPA SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Untuk mengetahui kontribusi status sosial ekonomi orangtua dengan prestasi belajar biologi siswa dilakukan uji koefisien determinan. Koefisien determinan yang diperoleh sebesar 0,46, ini berarti status sosial ekonomi orangtua memberikan kontribusi sebesar 46% pada pencapaian nilai prestasi belajar siswa di Kelas XI IPA SMA Negeri 20 Medan tahun pembelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil pengujian penelitian diketahui bahwa dengan diterimanya hipotesis penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa apabila status sosial ekonomi orangtua baik maka hasil belajar siswa akan baik dan meningkat pula.} }