@thesis{thesis, author={Hasrutuddin and Syska }, title ={UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PECAHAN DI KELAS V MIN SEI AGUL MEDAN T A 2011/2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9819/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa, mengetahui ketuntasan belajar siswa dan respon Siswa melalui pendekatan matematika realistik pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas Va MIN Sei Agul Medan yang berjumlah 42 orang. Objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui pendekatan matematika realistik. Data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar berbentuk uraian sebanyak dua kali. Hasil analisis tes hasil belajar setelah diberikan Tindakan pada siklus I yaitu melalui pendekatan matematika realistik, terdapat 28 orang (66,67 %) telah mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 67,74 tetapi belum mencukupi syarat ketuntasan klasikal.(85%), maka dilanjutkan pada siklus II dan Hasil analisis tes hasil belajar setelah diberikan Tindakan pada siklus II yaitu terdapat 38 orang (90,47 %) telah mencapai ketuntasan belajar dengan skor rata-rata 70,12 dan telah tuntas secara klasikal.(85%) maka pembelajaran telah tuntas dan penelitian di berhentikan. Dari tindakan yang diberikan diperoleh peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II sebesar 2,38. Dari tindakan dan analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar maka kepada guru perlu memikirkan aplikasi pendekatan matematika realistik dalam pembelajaran matematika.} }