@thesis{thesis, author={Nurdin and Rumiong }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS DI KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 9 MEDAN TP 2011/2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9836/}, abstract={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK LISTRIK DINAMIS KELAS X SEMESTER 1 DI SMA NEGERI 9 MEDAN T.P 2011/2012 Rumiong Sormin (408121086) ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 9 Medan T.P 2011/2012. 2) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 9 Medan T.P 2011/2012. 3) Mengetahui bagaimana aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 9 Medan T.P 2011/2012. 4) Mengetahui bagaimana pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada materi pokok Listrik Dinamis di kelas X SMA Negeri 9 Medan T.P 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 9 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 orang untuk kelas eksperimen dan 30 orang untuk kelas kontrol. Sebelum pembelajaran diberikan terlebih dahulu dilakukan pretes kepada kedua kelas. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar pada materi pokok Listrik Dinamis dalam bentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang terdiri dari 5 pilihan jawaban telah dinyatakan valid dan reliabel dan instrumen yang kedua adalah lembar observasi aktifitas belajar siswa pada pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir. Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas kontrol adalah 38,00 dan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretes 38,33. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh rata-rata nilai postes pada kelas eksperimen dengan model pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir sebesar 77,83 sedangkan siswa pada kelas kontrol dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 66,17. Ratarata nilai keseluruhan aktivitas belajar siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir adalah 67,32% termasuk kategori cukup aktif. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh hitung t = 5,348 dan tabel t = 1,671. Karena hitung t > tabel t maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir pada materi pokok listrik dinamis di kelas X semester II SMA Negeri 9 Medan T.P 2011/2012.} }