@thesis{thesis, author={Nurdin and Sri Junita M }, title ={KORELASI KECERDASAN EMOSIONAL (EMOTIONAL QUATION) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA YANG DITINJAU DARI METODE YANG DIGUNAKAN GURU DI KELAS X SMA SE-KOTA MEDAN TP 2011/2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9845/}, abstract={Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui korelasi kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika yang ditinjau dari metode yang digunakan guru. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMA Se-Kota Medan, yaitu SMAN 4 Medan, SMA N 12 Medan, SMA N 17 Medan, SMA Sw. Budi Murni 1 Medan, SMA Sw. Harapan Baru Medan, dan SMA Sw. Kartika I-2 Medan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA N 4 Medan, SMA N 12 Medan, SMA N 17 Medan, SMA Sw. Budi Murni 1 Medan, SMA Sw. Harapan Baru Medan, dan SMA Sw. Kartika I-2 Medan yang berjumlah 1294 orang. Dan yang menjadi sampel penelitian ini adalah 500 orang siswa. Dalam penelitian ini tidak melaksanakan pengajaran didalam kelas, tetapi hanya mengambil hasil ulangan semester II siswa. Untuk memperoleh data kecerdasan emosional digunakan angket tertutup. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada korelasi yang positif dan signifikan kecerdasan emosional terhadap hasil belajar fisika yang ditinjau dari metode yang digunakan guru di kelas x sma se-kota medan. Hal ini dibuktikan dari hasil uji korelasi di dapat bahwa nilai rxy = 0,902. Dapat disimpulkan bahwa korelasi kecerdasan emosional(emotional quation) terhadap hasil belajar fisika yang ditinjau dari metode yang digunakan guru di kelas x sma se-kota medan tergolong sangat tinggi.} }