@thesis{thesis, author={Febryansyah Pratama and Mukhtar }, title ={PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA YANG DIAJAR DENGAN METODE CO-OP CO-OP DAN GROUP INVESTIGATION PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT DI KELAS X SMA NEGERI 1 BUNTU PANE T.A. 2011/ 2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9861/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa setelah diajarkan dengan metode Co-Op Co-Op dengan metode Group Investigation pada materi Persamaan Kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane T.A. 2011/ 2012.Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane.. Sampel terdiri dari 68orang yaitu siswa kelas X-1 sebagai kelas Eksperimen 1 dengan metode Co-Op Co-Op dan siswa kelas X-2 sebagai kelas Eksperimen 2 dengan metode Group Investigation dengan jumlah siswa masing-masing berjumlah 34 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan instrumen berupa tes uraian yang telah valid dengan reliabilitas tinggi yaitu 0,710 dengan jumlah soal sebanyak 5 butir. Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas eksperimen 1 (22,06) dan nilai rata-rata hasil pretes kelas eksperimen 2 (19,32). Dari hasil analisis data pretes kelas eksperimen 1 diperoleh L0 = 0,0987< Ltabel = 0,1519, dan data pretes kelas eksperimen 2 diperoleh L0 = 0.1202< Ltabel= 0,1519. Sehingga disimpulkan data pretes kedua kelas berdistribusi normal. Dari uji homogenitas data pretes tidak terdapat perbedaan kedua varians atau kedua sampel homogen, dimana Fhitung = 1,067< Ftabel = 1,792. Dan uji hipotesis data pretes kedua sampel diperoleh thitung = 1,087< ttabel = 1,669, artinya H0 diterima sehingga tidak ada perbedaan kemampuan awal pada kedua kelas.Nilai rata-rata hasil postes pada kelas eksperimen 1 (30,12)dan nilai rata-rata hasil postes kelas eksperimen 2 (25,24). Dari uji homogenitas data postes kedua sampel homogen, dimana Fhitung = 1,019< Ftabel = 1,792. Dari hasil analisis data postes kelas eksperimen 1 diperoleh L0 = 0,1075< Ltabel =0,1519, dan data postes kelas eksperimen 2 diperoleh L0 = 0,1402< Ltabel = 0,1519. Sehingga disimpulkan data postes kedua kelas berdistribusi normal. Dan uji hipotesis data postes kedua sampel diperoleh thitung = 1,821> ttabel = 1,669, artinya H0 ditolak dan Ha diterima sehingga kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan metode Co-Op Co-Op lebih baik dari siswa yang diajar dengan menggunakan metode Group Investigation pada materi persamaan kuadrat di kelas X SMA Negeri 1 Buntu Pane T.A 2011/2012.} }