@thesis{thesis, author={Sri and Yasifati }, title ={PENERAPAN METODE PENEMUAN TERBIMBING MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS DI KELAS VIII SMP NEGERI 36 MEDAN}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9875/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan metode Penemuan Terbimbing menggunakan Macromedia Flash pada materi Prisma dan limas di SMP Negeri 36 Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar melalui penerapan metode Penemuan Terbimbing menggunakan Macromedia Flash di kelas VIII SMP Negeri 36 Medan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 yang berjumlah 40 orang.Sebelum tindakan dilakukan terlebih dahulu diberikan tes awal untuk mengetahui kemampuan awal dan penentuan kelompok siswa berdasarkan tingkat kemampuan. Data yang diberikan diperoleh dari tes hasil belajar berbentuk esai dan sebelum diujikan terlebih dahulu peneliti memvalidkan ke 3 orang validator. Tes tersebut diberikan sebanyak satu kali pada setiap akhir siklus. Pada penelitian ini penggunaan LDS (Lembar Diskusi Siswa) dan Macromedia Flash bertujuan sebagai alat bantu pengajaran untuk memudahkan proses belajar aktif siswa dalam kelompok.Hasil analisa dari tes awal diperoleh 20 siswa (50%) yang mencapai standar minimal keuntasan belajar dan 20 siswa (50%) belum tuntas. Setelah diberikan tindakan I dari tes hasil belajar I (THB I) diperoleh 25 siswa (62,5 %) mencapai ketuntasan belajar dan 15 siswa (37,5 %) belum tuntas. Sedangkan untuk aktivitas belajar belum mencapai kriteria aktivitas belajar ideal karena hanya dua aspek yang memenuhi batas toleransi waktu ideal yaitu visual activities dan listening activities. Pada siklus ini berdasarkan ketuntasan belajar secara klasikal belum tercapai. Adapun kesulitan yang masih dialami siswa adalah kurang memahami penyelesaian soal aritmatika sosial yang berbentuk aplikasi dan cerita.Hasil analisa setelah diberikan tindakan II dari Tes Hasil Belajar II (THB II) diperoleh 36 siswa (90%) mencapai ketuntasan belajar dan 4 siswa (10%) belum tuntas belajar. Sedangkan untuk aktivitas belajar sudah tiga aspek yang memenuhi batas toleransi waktu ideal yaitu visual activities, oral activities dan listening activities. Pada siklus ini hasil belajar siswa meningkat dan ketuntasan belajar secara klasikal sudah tercapai. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa metode Penemuan Terbimbing menggunakan Macromedia Flash dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.} }