@thesis{thesis, author={Harin }, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE BERBASIS EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK ZAT DAN WUJUDNYA DI KELAS VII SMP NEGERI 39 MEDAN T.P 2012 / 2013}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9896/}, abstract={Pengajaran berdasarkan learning cycle adalah suatu strategi belajar yang berpusat pada siswa di mana siswa dapat termotivasi untuk menemukan atau membuktikan sendiri suatu teori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran learning cycle berbasis eksperimen terhadap hasil belajar dan aktifitas kelompok siswa pada materi pokok zat dan wujudnya di kelas VII SMPN 39 Medan T.P. 2012/2013.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain penelitian pretest postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 39 Medan yang terdiri dari 6 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas dengan jumlah sebanyak 80 siswa yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling, yaitu Kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle berbasis eksperimen dan kelas VII-F sebagai kelas kontrol, dengan menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ada 2 buah, yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan 4 pilihan jawaban sebanyak 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel dan lembar observasi psikomotorik kelompok siswa pada pembelajaran dengan penerapan learning cycle berbasis eksperimen. Uji yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah uji t satu pihak dan uji t dua pihak..Dari hasil penelitian nilai rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,0 dan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretes 37,2. Setelah dilakukan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas yang menggunakan pembelajaran learning cycle berbasis eksperimen sebesar 70,3 sedangkan siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional diperoleh nilai rata-rata postes sebesar 61,2. Begitu juga dengan hasil pengamatan psikomotorik siswa dalam kelompok selama proses pembelajaran pada kelas dengan model pembelajaran learning cycle berbasis eksperimen diperoleh rata-rata sebesar 10,8 dengan kategori nilai aktifitas cukup baik. Pada hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dua pihak pada pretes diperoleh < (-1,9 < 0,27 < 1,9) , didapat hasil bahwa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol mempunyai kemampuan awal yang sama. Pada hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t satu pihak diperoleh > (3,5 > 1,667), maka Ho di tolak dan Ha di terima dengan kata lain bahwa ada pengaruh menggunakan model pembelajaran Learning Cycle Berbasis Eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Zat dan Wujudnya Di Kelas VII SMP Negeri 39 Medan T.P. 2012/2013.} }