@thesis{thesis, author={Elia Tince and W.L. }, title ={PENERAPAN TEORI BELAJAR PENEMUAN BRUNER PADA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DI KELAS X SMA NEGERI 1 LAGUBOTI TAHUN AJARAN 2012/2013}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9930/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diterapkan dengan teori belajar penemuan Bruner dalam pembelajaran pokok bahasan Sistem Persamaan Linear lebih baik daripada pembelajaran ekspositori di Kelas X SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2012/2013.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Laguboti. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Laguboti. Sampel terdiri dari 69 orang yaitu siswa kelas X A sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan pembelajaran teori belajar penemuan Bruner dan siswa kelas X E sebagai kelas kontrol dengan pembelajaran ekspositori. Dimana kelas eksperimen berjumlah 34 orang dan kelas kontrol berjumlah berjumlah 35 orang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan instrument berupa tes dan lembar observasi.Nilai rata-rata hasil pretes pada kelas eksperimen 25,73 dan nilai rata-rata hasil pretes kelas kontrol 24. Nilai postes kelas eksperimen 64,56 dan nilai rata-rata kelas kontrol 55. Kedua data berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t, dengan α = 0,05 diperoleh thitung = 2,631 dan ttabel =1,553, dimana thitung > ttabel maka H0 ditolak, sehingga diperoleh hasil belajar siswa yang diterapkan dengan teori belajar penemuan Bruner dalam pembelajaran pokok bahasan Sistem Persamaan Linear lebih baik daripada pembelajaran ekspositori di Kelas X SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2012/2013. Dan berdasarkan observasi implementasi penerapan teori belajar penemuan Bruner dalam pembelajaran pokok bahasan Sistem Persamaan Linear di Kelas X SMA Negeri 1 Laguboti Tahun Ajaran 2012/2013 dikategorikan sangat baik.} }