@thesis{thesis, author={ and Rosyida Afriliyana }, title ={PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PETA PIKIRAN (MIND MAP) PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GETARAN DAN GELOMBANG DI KELAS VIII SEMESTER II SMP NEGERI 2 SEI RAMPAHT.P 2011/2012}, year={2012}, url={http://digilib.unimed.ac.id/9934/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa yang diajar dengan metode pembelajaran peta pikiran (mind map) yang diterapkan pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi pokok getaran dan gelombang dikelas VIII semester II di SMP Negeri 2 Sei Rampah T.P 2011/2012.Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas kelas VIII semester II di SMP Negeri 2 Sei Rampah yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dengan mengambil 2 kelas dari 4 kelas secara acak yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen berjumlah 33 orang dan kelas kontrol berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 15 soal yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan metode pembelajaran peta pikiran (mind map) pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menerapkan metode pembelajaran peta pikiran (mind map). Hasil pengujian pretes sebelum diberikan perlakuan yang berbeda, yaitu nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 40,64 dengan standar deviasi 11,47 dan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 41,39 dengan standar deviasi 12,17. Pada pengujian data pretes kedua kelas diperoleh bahwa data kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji t pretes diperoleh thitung < ttabel = (-0,264 < 1,998), maka Ho diterima artinya kemampuan awal siswa pada kedua kelas sama. Kemudian diberikan perlakuan yaitu Kelas eksperimen diberikan perlakuan dengan menerapkan metode pembelajaran peta pikiran (mind map) pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD tanpa menerapkan metode pembelajaran peta pikiran (mind map). Setelah pembelajaran selesai diberikan, diperoleh postes dengan hasil rata-rata kelas eksperimen 75,30 dengan standar deviasi 11,6 dan kelas kontrol 69,49 dengan standar deviasi 10,54.Dari hasil pengolahan data postes diperoleh bahwa thitung = 2,136 dan ttabel = 1,669, sehingga thitung > ttabel (2,136 > 1,669) dengan demikian H diterima berarti ada pengaruh penerapan metode pembelajaran peta pikiran (mind map) pada model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Getaran dan Gelombang dikelas VIII Semester II SMP Negeri 2 Sei Rampah T.P 2011/2012.} }